• Ahmad Wahid

Dampak Hebat Popularitas Medsos CR7 pada Juventus

Updated: Jun 12

Bergabungnya Cristiano Ronaldo dengan Juventus mendatangkan berbagai dampak besar di dalam lapangan dan yang luar biasa adalah di luar arena. Seperti apa dampak luar biasanya itu?

sumber: Instagram @cristiano

Cristiano Ronaldo merupakan bintang sepak bola dengan pengikut terbanyak di Instagram, mencapai 233 juta pengikut. Menariknya, dari jumlah tersebut justru 10 juta lebih penggemarnya di Instagram lebih menyukai foto dirinya yang bertelanjang dada sedang bersandar di Bugatti miliknya.


Jumlah like tersebut jauh lebih banyak ketimbang foto-foto dirinya saat memegang trofi juara, melakukan aktivitas olahraga di gym atau aktivitasnya bersama keluarga. Terlepas dari itu, ini bukti jika bintang Juventus tersebut punya nilai pasar yang besar di dunia maya.


"Jika mau, dia bisa jadi influencer selama sisa hidupnya, tanpa bermain bola dia masih bisa menghasilkan banyak uang. Tidak banyak orang di dunia sepak bola yang secara khusus menggunakan pengaruhnya sebagai profesi kedua seperti yang dia lakukan," ujar pakar pemasaran media sosial George Coyle.


Eksploitasi media sosial yang dilakukan Ronaldo merupakan salah satu alasan dia bisa jadi pemain sepak bola pertama yang menghasilkan 1 miliar dolar AS (Rp14,8 triliun) pada Juni lalu.


Kekuatan marketing bintang asal Portugal itu juga yang membuat Juventus merogoh kocek hingga 100 juta Euro untuk mendatangkannya dari Real Madrid, meski usia CR7 kala itu sudah 33 tahun!

sumber: bleacherreport.com


Raksasa Italia itu tidak hanya mendatangkan pemain berteknik hebat dengan kemampuan mencetak gol luar biasa, tetapi Ronaldo adalah saluran media dengan jangkauan global yang lebih besar dari Juventus sendiri.


Dalam 24 jam setelah pengumuman transfernya secara resmi, antara 10 dan 11 Juli, berbagai akun media sosial Juve mendapat tambahan lebih dari 2,2 juta pengikut. Pada November 2019, jumlah follower di akun Instagram Juventus melesat dari 9,8 juta menjadi 33,5 juta, sedangkan jumlah subcriber di kanal Youtube klub telah bertambah tiga kali lipat (730 ribu menjadi 2,33 juta).


Juventus mengalami lonjakan dahsyat dalam jumlah pengikut di Sina, media sosial di China yang mirip dengan Facebook, dari 200,000 menjadi 2,33 juta.


Lonjakan jumlah follower media sosial Juventus terus berlanjut hingga kini, yang berdampak pada peningkatan nilai moneter klub. Nilai saham Juventus melonjak hingga 15%, bahkan diyakini telah berhasil membawa peningkatan nilai pasar hingga 300 juta Euro.


Melihat fakta tersebut, Ronaldo membuktikan jika bisnis sepak bola tidak hanya sekadar apa yang terlihat di lapangan. Lebih dari itu, jangkauan akun Instagram-nya merupakan bonus besar yang bisa membawa peningkatan nilai pasar bagi klub manapun yang memilikinya.


sumber: forbes dan goal

14 views0 comments