• Ahmad Wahid

Canggih, Atmosfer Pertandingan Tetap 'Hidup' Berkat app Yamaha

Updated: Jun 12

Yamaha Corporation sedang menguji teknologi baru yang memungkinkan para penggemar untuk menyuarakan dukungan mereka selama pertandingan langsung lewat aplikasi khusus yang langsung tersambung dengan perangkat audio yang berada di dalam stadion.

sumber: Yamaha


Konsep dasar aplikasi Remote Cheerer ini cukup sederhana. Saat penggemar menonton siaran pertandingan, mereka bisa menekan tombol untuk bersorak, bertepuk tangan, atau menyanyikan chant-chant khusus yang akan disalurkan langsung ke sistem audio yang sudah disediakan.


"Ini sebenarnya memiliki dua manfaat. Untuk para suporter, tentunya mereka masih bisa bersorak. Dan untuk para pemain, mereka akan tahu jika para suporter masih menonton dan memberikan dukungannya," ujar pemimpin proyek Yuki Seto, kepada CNBC


Perangkat lunak tersebut masih dalam proses paten dengan beberapa penyempurnaan. Untuk sementara, mereka baru mencobanya di 26 klub sepak bola profesional dan beberapa klub bisbol di Jepang.

sumber: re-how.net


Uji coba pertama proyek ini dilakukan pada Juni 2020 kemarin, saat beberapa kompetisi terpaksa dilanjutkan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Hasilnya luar biasa, sekitar 65.000 pengguna berhasil menyuarakan dukungannya hingga 1,9 juta kali.


Sejak saat itu, uji coba terus dilakukan dan hingga kini program tersebut telah digunakan di lebih dari 29 pertandingan profesional, dengan jumlah pengguna yang berpartisipasi mencapai 300.000 orang, serta jumlah dukungan mencapai 18 juta kali.


Dengan adanya program ini, diharapkan suasana pertandingan akan tetap 'hidup' meski sebagian besar kompetisi harus dilanjutkan tanpa kehadiran penonton akibat pandemi coronavirus.

5 views0 comments