• Ahmad Wahid

Dampak Pandemi COVID-19, Balap Sepeda Virtual Makin Hits


Photo Credit: Zwiftinsider.com


Platform balap sepeda virtual Zwift bekerja sama dengan Amaury Sport Organisation menggelar balapan Tour de France secara virtual pada aplikasinya. Sebuah sejarah baru, untuk kali pertama balapan paling bergengsi di dunia itu digelar secara daring (online). Virtual Tour de France itu digelar setiap Sabtu dan Minggu dimulai pada 4 Juli 2020 yang disiarkan langsung oleh berbagai stasiun TV dan live streaming.


Balapan virtual itu pun menjadi pengisi waktu bagi para pebalap sepeda profesional baik putra maupun putri setelah Tour de France ditunda akibat pandemi COVID-19. Penerapan pembatasan aktivitas oleh pemerintah Prancis membuat Tour de France tahun ini ditunda dua bulan dari yang sedianya digelar mulai 27 Juni, menjadi 29 Agustus 2020.


Meski aplikasi itu digital, tetapi para peserta akan merasakan pengalaman balap online sangat menguras fisik. Ini berkat serangkaian aksesori berteknologi tinggi, dari perusahaan Wahoo, yakni Wahoo Climb sebagai roda depan dan Wahoo Kickr sebagai roda belakang yang dibuat untuk mengukur performa para peserta sambil mensimulasikan balapan nyata.


Pada saat dunia sedang dilanda pandemi COVID-19, pemberlakuan pembatasan aktivitas dan lockdown telah membuat para pembalap sepeda melakukan latihan mandiri di rumah. Para pembalap sepeda top dunia bahkan memilih balapan online untuk mempertahankan kemampuan balap dan menjaga kebugaran. Mereka juga mengajak fans untuk ikut balapan virtual.


Beberapa pembalap sepeda ternama dunia yang memilih balapan online dengan platform Zwift di antaranya adalah juara Tour de France 2018 Geraint Thomas, si kembar Simon dan Adam Yates serta Tim Mitchelton-Scott. Menurut situs resmi Zwift, penggunaan aplikasi balap tersebut naik dua kali lipat antara Januari dan April.


Photo Credit: Zwiftinsider.com


Pihak Zwift optimistis bahwa olahraga dalam kehidupan nyata yang digelar secara virtual bakal terus populer meski pandemi COVID-19 berakhir. Seiring perkembangan pesat eSport, CEO Zwift Eric Min bahkan yakin balap sepeda virtual bakal dianggap sebagai salah satu cabang olahraga dan akan dipertandingkan di Olimpiade.


"Kami akan menjadi olahraga digital kategori atletik pertama yang masuk dalam cabang resmi olahraga tradisional. Itu akan menjadi jalan tercepat bagi kami untuk dipertandingkan di Olimpiade." kata Min.


Sumber: Fast Company, Cycling Weekly.

90 views0 comments

Jakarta, Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube

©2020 | LUARENA by Sandwich Tuna Production