• Ahmad Wahid

Endeavor Sepakat Akuisisi Agensi Digital Olahraga China

Updated: 7 days ago


Endeavor (sumber: sportbusiness.com)

Agensi media dan talenta (atlet dan artis) Amerika Serikat, Endeavor, sepakat untuk mengakuisisi agensi digital olahraga (sports digital agency) yang berbasis di China, Mailman Group, menurut sebuah laporan di situs Sports Business pada Jumat (28/5).


Kesepakatan itu, yang disebut bernilai 60 juta dolar AS, telah mendapat persetujuan dari regulator setempat dan diperkirakan akan dikonfirmasi pada bulan depan. Akuisisi sedang dilakukan via Endeavor China, cabang perusahaan itu di China yang dibentuk pada 2016 dengan struktur kepemilikan yang mencakup Sequoia Capital, Tencent dan Fountainvest Partners.


Mailman Group didirikan pada 1997 sebagai sebuah perusahaan pemasaran cetak dan berkantor pusat di Shanghai. Pengusaha Australia Andrew Collins mengakuisisi perusahaan itu pada 2007 dan mengubah perusahaan itu menjadi lebih fokus ke digital.


Perusahaan itu memiliki 200 staf di 50 pasar, dengan sejumlah kantor di London, Shanghai, Singapura dan Indonesia.

(sumber: deadline.com)


Mailman Group baru-baru ini melebarkan sayap ke Asia Tenggara dan juga pada 2018 mengakuisisi agensi Seven League yang berbasis di Inggris. Mailman memiliki sejumlah klien klub-klub sepak bola besar Eropa seperti Chelsea, Tottenham Hotspur, Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain, serta NBA, NFL dan UFC.


Banyak klub olahraga menggunakan tim pemasaran terpisah di China. Hal itu tidak hanya disebabkan oleh perbedaan bahasa atau besaran total pasar yang dapat disasar. Namun, juga karena tidak tersedianya (secara resmi) layanan media sosial barat di China seperti Twitter dan Instagram dan pengembangan di balik Great Firewall dari berbagai platform dan pola komunikasi China yang berbeda seperti live streaming dan pemasaran influencer.