• Ahmad Wahid

Gaet Penggemar Gen Z, MLB Bikin Kampanye di TikTok


Akun MLB di TikTok (foto: adage.com)

Demi menarik para penggemar dari Generasi Z, Major League Baseball (MLB) pada Kamis (17/6) mengumumkan bahwa mereka meluncurkan kampanye di TikTok untuk mengidentifikasi antara lima dan 10 pembuat konten (content creator) yang ingin menjadi duta merek (brand ambassador) MLB, dengan status berbayar hingga akhir musim 2021.


Para influencer, grup yang disebut MLB sebagai “Creator Class”, akan bekerja sama dengan pihak liga dan diberikan akses selama pertandingan untuk membuat konten yang menyoroti pemain di dalam dan di luar lapangan. Mereka akan dibayar per unggahan di TikTok hingga akhir World Series.


Kontes tersebut, yang akan dimulai Kamis, adalah tawaran terbaru oleh MLB untuk memasarkan dirinya dengan lebih baik kepada audiens yang lebih muda.


Sebuah studi Sports Business Journal pada 2017 menemukan bahwa usia rata-rata penonton MLB adalah 57 tahun, dan jajak pendapat tahun lalu oleh Morning Consult menemukan bahwa hanya 32 persen responden Gen Z, generasi yang lahir antara 1997-2015, diidentifikasi sebagai setidaknya penggemar MLB "sambil lalu", dibandingkan dengan 50 persen di antara semua orang dewasa.


Departemen pemasaran MLB telah meluncurkan beberapa inisiatif dalam beberapa tahun terakhir, yang ditujukan untuk penggemar yang lebih muda, terutama kampanye iklan "Let The Kids Play" di mana liga mengingatkan "aturan tidak tertulis" permainan yang diwariskan dari generasi yang lebih tua.


Kampanye iklan berikutnya sama-sama digerakkan oleh para pemain, bukan berfokus pada tim, dan bintang Gen Z seperti Ronald Acuña Jr., Fernando Tatis Jr., Vladimir Guerrero Jr., dan Juan Soto telah menjadi tokoh sentral.


Para pemain itu juga sering ditampilkan di akun resmi TikTok MLB, yang memiliki 2,9 juta pengikut.

1 view0 comments