• Ahmad Wahid

Jernihkan footage laga klasik Wimbledon, IBM gunakan teknologi AI

Sama seperti ajang olahraga lainnya, turnamen tenis Grand Slam Wimbledon untuk tahun ini terpaksa dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Meskipun begitu, All England Lawn Tennis & Croquet Club (AELTC) sebagai penyelenggara Wimbledon punya solusi jitu untuk mengisi kekosongan turnamen tersebut.


sumber: sporttechie.com


AELTC menggandeng mitra lama mereka, IBM untuk membuat turnamen virtual yang terdiri dari pertandingan klasik yang telah berlangsung lebih dari 40 tahun tersebut. Turnamen virtual ini nantinya akan digelar penuh selama dua pekan.


Dalam turnamen ini, IBM dan AELTC akan menyajikan pertandingan-pertandingan klasik hingga tahun 1977. Agar gambar yang disajikan tetap memanjakan mata, mereka memanfaatkan teknologi AI.


"Untuk mata telanjang, noise ini seperti statis dalam gambar, dengan piksel warna yang terus bergerak,” ujar petinggi IBM Sam Seddon kepada VentureBeat.


"Seiring dengan cepatnya pergerakan dalam gambar, hal ini akan membuat tampilan gambar menjadi 'kabur' dan warna yang disajikan jadi kurang tajam. Bagi penonton modern, konten bersejarah ini mungkin kurang menarik karena kualitasnya lebih rendah dari biasanya.”


sumber: tennisfiles.com


Program remastering rekaman (footage) lama sebenarnya bukan konsep baru. Bedanya, untuk ajang ini IBM akan memberikan upgrade khusus yang membuat kualitas video lebih jernih dengan teknik AI Super Resolution dan Deblurring, tanpa menghilangkan kesan klasiknya.


Agar tampilan yang disajikan jauh lebih sempurna, IBM akan melibatkan banyak model AI yang dibangun IBM Cloud, dan menggunakan lebih dari 10.000 gambar dari turnamen Wimbledon terbaru sebagai perbandingan.


"Dengan cara ini, sistem akan mempelajari perbedaan antara gambar baru dan lama, kemudian akan memberikan sentuhan modernisasi pada gambar lama. Dalam banyak hal, Wimbledon itu abadi, dan citra modern merupakan masukan yang sempurna," jelas Seddon.

8 views0 comments

Jakarta, Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube

©2020 | LUARENA by Sandwich Tuna Production