• Ahmad Wahid

Liverpool dan Kodansha Jalin Kolaborasi Bidang Industri Kreatif


Kerja sama Liverpool Fc dan Kodansha (foto: @KODANSHA_EN)


Klub raksasa Inggris Liverpool FC menandatangani kontrak multi-tahun dengan penerbit besar Jepang, Kodansha.


Kodansha, yang telah berdiri selama 112 tahun, akan menjadi partner publikasi resmi, sebuah kategori baru dalam sponsorship klub yang berusia 129 tahun itu.


Menjangkau pembaca di 40 negara, Kodansha menerbitkan berbagai macam produk, termasuk TV dan anime, majalah, komik dan novel, dan merchandise resmi. Mereka juga merupakan penerbit serial komik dan novel grafis Manga yang populer.


Kodansha bekerja sama dengan yayasan resmi klub, LFC Foundation, meluncurkan program 'Creative Works'. Mulai September 2021, program kelayakan kerja tersebut akan diberikan kepada total empat kelompok mahasiswa dari Universitas John Moores Liverpool dan siswa sekolah menengah atas setempat, dengan tujuan menginspirasi kaum muda dari latar belakang kehidupan yang sulit untuk mencapai karier di industri kreatif.​


Selama mengikuti program tersebut, para peserta akan menerima dukungan dan pendampingan berupa pengembangan keterampilan kreatif, CV dan teknik wawancara, berbicara di depan umum (public speaking) dan membangun kepercayaan diri, serta harapan di tempat kerja untuk mempersiapkan mereka mencapai tujuan karier mereka.


Kodansha juga berkomitmen memberikan berbagai donasi untuk mendukung komunitas Liverpool yang lebih luas selama kontrak kerja sama mereka. Awalnya, pihaknya juga akan memberikan donasi berupa materi-materi kreatif dan seni untuk mendukung literasi anak-anak sejak usia dini.


"Setelah saat ini tinggal di Inggris cukup lama, saya memiliki perasaan yang sangat istimewa tentang kemitraan dengan LFC ini. Setiap pertandingan yang dimainkan di depan suporter mereka di seluruh dunia, kisah luar biasa dibuat dan dibagikan, memicu kesenangan dan kegembiraan. Kami ingin memanfaatkan kekuatan luar biasa itu untuk menginspirasi kisah-kisah ajaib dan membangun kemitraan yang kuat dan sukses," kata Yoshinobu Noma, Presiden Kodansha.


"Kami senang bekerja sama dengan Kodansha untuk meluncurkan ‘Creative Works’, sebuah program yang akan memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk mengejar impian mereka dalam karier kreatif dan mewujudkan potensi mereka," imbuh CEO Liverpool FC Billy Hogan.

0 views0 comments