• Ahmad Wahid

Medsos Triller Jadi Pemegang Hak Media Liga Basket Big3


Triller (foto: Sheldon Cooper/SOPA Images/LightRocket/Getty Images

Perusahaan media sosial Triller mencapai kesepakatan usaha patungan (joint venture) dengan liga basket Big3 milik rapper Ice Cube dan akan menjadi tuan rumah pertandingan All-Star pertamanya, menurut laporan CNBC pada Kamis (3/6).


Tidak ada rincian informasi dari perjanjian tersebut, tetapi Big3 dan Triller akan berbagi pendapatan iklan yang diperoleh dari berbagai event. Kedua pihak juga akan berbagi iklan di arena dan akan saling mempromosikan merek mereka.


Big3 adalah liga sirkuit keliling dan menampilkan para mantan bintang NBA yang bermain dalam format gaya tiga lawan tiga (three-on-three) di musim panas. Peserta liga biasanya mendapatkan sekitar 10.000 dolar AS per game ditambah bonus yang terkait dengan kemenangan. Gajinya bisa mencapai 100.000 dolar AS.


"Tidak ada yang menyenangkan dan secepat dalam olahraga seperti bola basket Big3, dan begitu Anda menonton satu pertandingan, Anda akan ketagihan," kata salah satu pemilik Triller, Ryan Kavanaugh dalam sebuah pernyataan. "Kami sangat senang dapat bermitra dengan Ice Cube dan organisasi Big3 untuk menghadirkan olahraga yang menarik dan berkembang ini kepada pemirsa Triller di seluruh dunia."


Triller juga akan menampilkan 30 jam game eksklusif dari liga Big3 musim 2021 dan menjadi tuan rumah draft pemain pada 14 Juni. Big3 didirikan oleh Ice Cube dan eksekutif hiburan Jeff Kwatinetz pada 2017.


Dalam pernyataan bersama, Cube dan Kwatinetz mengatakan kesepakatan itu memungkinkan Big3 untuk memperluas jangkauannya ke Generasi Z, atau mereka yang berusia di bawah 24 tahun. Mereka mengatakan kesepakatan itu sebagai "kombinasi sempurna antara olahraga dan hiburan untuk demografi itu."


Triller, yang bersaing dengan TikTok, ingin menambahkan lebih banyak konten olahraga untuk meningkatkan basis penggunanya. Triller memanfaatkan konten video pendek dan berhasil mempromosikan pertarungan antara ikon tinju Mike Tyson dan Roy Jones Jr. pada November 2020 di platformnya.


Dengan menjalin kemitraan dengan Big3, Triller berharap dapat menumbuhkan kesadaran merek dan peluang streaming dengan pemirsa olahraga unik yang menggemari liga tersebut. Triller juga dapat menampilkan iklannya di jaringan ViacomCBS dan layanan streaming Paramount+, karena Big3 juga memiliki kesepakatan hak media dengan ViacomCBS.

5 views0 comments