• Ahmad Wahid

Perkenalkan Fitur SharePlay, Pengguna Apple Bisa Nonbar


Fitur SharePlay Apple
Fitur SharePlay Apple (foto: twitter)

Raksasa teknologi Apple telah memperkenalkan fitur FaceTime baru dengan nama SharePlay yang memungkinkan pengguna perangkat Apple (iPad, iPhone, Mac, atau Apple TV) bisa menonton bareng (nonbar) siaran langsung olahraga.


Apple mengungkapkan hal itu pada acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC), pembaruan (update) iOS 15 akan membuat fitur SharePlay tidak hanya mendukung layanan Apple, tetapi juga mampu bekerja bersama dengan layanan pihak ketiga atau platform over-the-top (OTT) NBA, Twitch, TikTok, serta layanan streaming berlangganan seperti ESPN+, Paramount+ CBS, Hulu, Pluto TV, dan HBO Max.


Raksasa teknologi itu mendemonstrasikan kemampuan SharePlay menggunakan Apple TV+ dan layanan streaming Apple Music, di mana video dan audio disinkronkan secara waktu nyata (real time) pada saat melakukan panggilan via FaceTime. Namun, SharePlay juga kompatibel dengan perangkat non-Apple melalui tautan browser.


Selain menawarkan perangkat playback untuk menjeda dan memundurkan acara yang ditonton, serta kemampuan untuk mentransmisikan ke perangkat yang terhubung, Apple juga membuat SharePlay API tersedia untuk para pengembang (developer) sehingga mereka dapat mengintegrasikan platform mereka sendiri, yang dapat melihat pengguna platform streaming diizinkan untuk berbagi konten dengan non-pelanggan.


Para pengguna perangkat Apple dapat menikmati update iOS 15 Apple pada kuartal ketiga (Q3) 2021.


Langkah Apple untuk memperkenalkan fungsi nonbar itu mengikuti tren yang berkembang pesat selama pandemi, dengan beberapa broadcaster dan pemegang hak siar memperkenalkan fungsi serupa ke platform digital mereka.

1 view0 comments