• Ahmad Wahid

Produsen Sepeda Bikin Kampanye Agar Bersepeda Tak Sekadar Booming Tetapi Jadi Budaya Baru

Updated: Jul 18, 2020

Sejumlah perusahaan produsen sepeda menjalin kerja sama untuk menginspirasi generasi baru pecinta sepeda melalui kampanye #BikeIsBest. Kampanye yang disebut sebagai 'kampanye promosi terkoordinasi dengan daya jangkau paling luas untuk bersepeda sejak 1970-an'.


Photo Credit: Fusion Media


Dengan dua pertiga dari semua perjalanan dilakukan di bawah 8 km, industri sepeda memiliki misi untuk mendorong semakin banyak orang yang mau menempuh perjalanan dengan jarak sejauh itu dengan bersepeda, alih-alih mengendarai mobil atau menggunakan moda angkutan umum.


#BikeIsBest memiliki tujuan memanfaatkan dampak pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) yang ternyata membuat banyak orang menjadi aktif bersepeda. Selain itu, mengubah booming bersepeda itu menjadi perubahan yang berkelanjutan dengan harapan berkontribusi terhadap udara yang lebih bersih dan kota-kota yang bebas kemacetan.


Kampanye tersebut menyatukan kekuatan kolektif dari 50 brand sepeda, retailer, organisasi dan influencer, dan dirancang berdasarkan pesan sederhana 'Anda tidak harus menjadi pengendara sepeda untuk mengendarai sepeda' untuk menarik demografi baru non-pengendara sepeda.


Bersamaan dengan film inspirasional yang dibuat oleh Human, kampanye itu menghadirkan sebuah microsite baru yang dibuat untuk mendidik pengendara baru tentang manfaat bersepeda. Dan juga mencakup sistem janji yang mendorong non-pengendara itu untuk menyatakan komitmen mereka untuk tetap bersepeda dibanding menggunakan moda transportasi lainnya.



Kampanye itu didanai oleh para pendukung industri dan dikoordinasikan oleh Fusion Media, sebuah agen komunikasi pemasaran yang berspesialisasi di bersepeda dan perjalanan aktif, dan akan berjalan setidaknya selama tiga bulan.


Duta kampanye #BikeIsBest sekaligus juara dunia tiga kali UCI BMX dan juara dunia dua kali UCI Track Cycling World Champion, Shanaze Reade, mengatakan: "COVID-19 mengubah sepenuhnya seluruh kehidupan kita selama beberapa bulan terakhir. Meskipun menghadirkan banyak tantangan, sebagai sebuah bangsa kita sekarang memiliki satu peluang terbesar untuk mengubah cara kita melakukan perjalanan dalam satu generasi dan demi mendukung lebih banyak orang untuk mengendarai sepeda mereka. Kita membutuhkan pendekatan terpadu, jadi sangat menyenangkan melihat berbagai brand di industri sepeda bergabung bersama untuk mendukung ini,"


Sejumlah brand sepeda, retailer, dan penyelenggara yang terlibat dalam kampanye ini adalah Beeline, Beryl, Bikester, Bikmo Insurance, Brompton Bicycle, Buzzbike, Cairn E-Adventure Bikes, Cannondale, Canyon, Chain Reaction Cycles, Cyclescheme, FreeFlow Technologies, Frog Bikes, Giant Bicycles , Havebike, Her Spirit, Hiplok, Hope Tech, HotChillee, Human Race Events, Hunt Bike Wheels, Islabikes, Komoot, Le Col, Let's Go Tees Valley, Lezyne, Mango, Muc-Off, Northern Consultancy Co Ltd, ProViz, Pure Electric , Schwalbe, See.Sense, Specialized, Strava Metro, The Bicycle Society, The Bike Club, USE, Wahoo, Wiggle, dan Yellow Jersey Insurance.


Sumber: The Drum

15 views0 comments

Jakarta, Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube

©2020 | LUARENA by Sandwich Tuna Production