• Ahmad Wahid

PSG dan Fanatics sepakat perpanjang kerja sama hingga 10 tahun

Paris Saint-Germain (PSG) dan perusahaan merchandise olahraga Fanatics sepakat memperpanjang kemitraan mereka, mencakup bidang perdagangan elektronik (e-commerce), manufaktur, dan lisensi, selama sepuluh tahun yang akan dimulai musim panas ini.



Kesepakatan bernilai puluhan juta euro itu disebut sebagai kerja sama terbesar yang pernah dilakukan oleh spesialis retailer e-commerce berusia 25 tahun itu dengan sebuah tim olahraga. Perpanjangan kesepakatan itu membuat Fanatics memiliki kendali lebih luas pada proses pembuatan dan "pemegang lisensi utama" merchandise PSG.


Fanatics, yang berbasis di Florida, akan menangani proses pemberian lisensi pada produk pakaian (apparel), penutup kepala, dan barang keras (hard goods) sekaligus memperluas hubungan e-commerce yang ada. Fanatics akan membuat sendiri sebagian besar dari produk-produk tersebut dan akan mensublisensikan beberapa produk lainnya melalui partner PSG yang ada, tidak termasuk kesepakatan antara PSG dengan Nike Inc. dan merek Jordan-nya.


Dalam jangka pendek, kedua belah pihak memasang target untuk memperluas bisnis e-commerce klub setidaknya naik hingga tiga kali lipat selama 36 bulan ke depan dengan memanfaatkan basis data Fanatics dari 45 juta klien aktif di semua pasar utama PSG, termasuk Eropa, Amerika utara, dan Asia. Saat ini, Fanatics mengoperasikan toko daring (online) untuk NHL, NBA, NFL dan MLB sekaligus memiliki perjanjian lisensi dengan liga-liga tersebut dan banyak tim di liga-liga itu.


"Paris Saint-Germain adalah salah satu klub sepak bola yang berpikiran maju dan inovatif di dunia dan, tanpa diragukan lagi, adalah salah satu brand terpanas dalam olahraga global saat ini,” kata Gary Gertzog, Presiden Urusan Bisnis Fanatics.


"Perjanjian ini menandai babak baru lain dalam kisah pertumbuhan ambisius Paris Saint-Germain. Dengan Fanatics, kami bermitra dengan pemimpin global merchandise olahraga, sebuah kolaborasi yang akan menghadirkan beragam peluang komersial unik di seluruh dunia," kata Ketua PSG Nasser Al-Khelaifi kepada CNBC.



“Selama 10 tahun ke depan, Paris Saint-Germain dan Fanatics akan bekerja sama untuk semakin meningkatkan jangkauan dan daya tarik dari brnd dan keunggulan merchandise klub. Melalui pengayaan penawaran produk kami dan dalam memperluas jejak klub ke pasar baru, kolaborasi ini akan berfungsi sebagai salah satu pilar inti dari strategi komersial kami, ”kata Al-Khelaifi.


Sumber: CNBC, Sportekz.

11 views0 comments

Jakarta, Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube

©2020 | LUARENA by Sandwich Tuna Production