• Ahmad Wahid

PSSI-nya AS Tak Perpanjang Kerja sama Dengan Soccer United Marketing

Updated: 7 days ago


(sumber: sportsmintmedia.com)

Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (United States Soccer Federation/USSF) dan Soccer United Marketing (SUM), perusahaan pemegang hak komersial (commercial rights) Major League Soccer, pada Minggu (23/5) mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kemitraan pada saat kontrak mereka berakhir pada akhir 2022, menurut laporan The Sports Business Journal.


Sebagai konsekuensinya, PSSI-nya AS itu akan mengalihkan tugas menjual sejumlah item seperti sponsorship dan hak media secara internal. Meski hal ini akan membuat mereka harus menambah jumlah staf yang kemungkinan akan mencapai puluhan orang, USSF mengatakan saat ini merupakan waktu untuk membuat langkah ini dan mengambil alih kepemilikan hak komersial bisnis tersebut. Berbagai sumber yang mengetahui keputusan tersebut menambahkan bahwa rencana mereka tidak lagi menyatukan hak komersial USSF dan MLS dalam satu paket.


"Meski USSF telah membuat keputusan bisnis yang penting ini, Federasi sangat berterima kasih kepada (komisaris MLS) Don Garber, Gary Stevenson, dan seluruh staf di SUM karena telah membantu kami mencapai begitu banyak tujuan dan target kami selama dua dekade terakhir," kata Sekretaris Jenderal sekaligus CEO USSF Will Wilson sebagai bagian dari pernyataan bersama antara USSF dan SUM.


"Berkat hubungan profesional dan personal yang luar biasa yang dikembangkan antara SUM dan USSF, dan komitmen kedua organisasi untuk berkolaborasi bersama di semua aspek bisnis, USSF memiliki masa depan yang cerah dalam lanskap olahraga saat kami ingin mengambil langkah selanjutnya dalam evolusi sepak bola AS dan terus berusaha untuk menjadi olahraga unggulan di negara ini."


SUM didirikan pada 2002 usai tidak ada pemegang hak siar berbahasa Inggris yang mengajukan penawaran untuk membeli hak komersial Piala Dunia 2006 dan 2010. SUM dan USSF telah bermitra sejak 2004, ketika SUM mengambil alih hak komersial dari pemegang sebelumnya, IMG. SUM juga memiliki hubungan dengan Federasi Sepak Bola Meksiko untuk mempromosikan pertandingan persahabatan tim nasional Meksiko di AS, dan mengelola hak sponsor global CONCACAF.


"Soccer United Marketing bangga telah bekerja sama dengan USSF selama hampir dua dekade untuk meningkatkan sepak bola di negara ini," kata Garber dalam pernyataan bersama itu. "Selama dua dekade terakhir, dukungan SUM terhadap federasi sangat kuat, dan kami mencapai semua tujuan kami dalam meningkatkan nilai komersial USSF. Saat kami akan selalu siap untuk berkolaborasi dengan mereka dalam tujuan kolektif kami demi memajukan sepak bola di AS, Soccer United Marketing berharap dapat berfokus pada peluang baru, menarik, dan berharga bagi Major League Soccer dan mitra masa depan. Hubungan perwakilan komersial selama 20 tahun sangat jarang terjadi di industri olahraga. Kami bangga dengan semua yang kami capai bersama, dan kami berharap USSF baik-baik saja saat mereka memulai bab berikutnya ini."


Meskipun kemitraan mereka akan berakhir pada 2023, kedua belah pihak mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk terus bekerja sama.


"Hubungan erat antara SUM, MLS, dan USSF akan terus menjadi prioritas dan tetap menjadi komponen penting bagi perkembangan olahraga secara keseluruhan di level tertinggi, dan kami menantikan langkah selanjutnya dalam perkembangan sepak bola yang berkelanjutan di Amerika Serikat."

8 views0 comments