• Ahmad Wahid

Real Madrid dan Legends Jalin Kerja Sama Penjualan Merchandise & Apparel

Updated: Jun 12

Klub raksasa sepak bola asal Spanyol, Real Madrid, resmi menjalin kerja sama dengan Legends untuk mengelola strategi penjualan merchandise dan apparel.


sumber: gfceef.com


Tidak hanya itu, kerja sama antara Real Madrid dan Legends, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh New York Yankees dan Dallas Cowboys, mencakup peluncuran kembali tiga toko resmi di pusat kota Madrid dan pengembangan toko utama (flagship) yang berada di dalam Stadion Santiago Bernabeu.


"Semua partner kami ikonik, mereka melakukan hal-hal besar di level tertinggi dalam dunia mereka masing-masing. Mereka menempatkan brand sebagai sesuatu hal yang berharga. Mereka menjaganya, dan ketika memilih partner, mereka ingin partner yang memahami hal tersebut," ujar CEO Legends Shervin Mirhashemi.


Real Madrid merupakan salah satu klub tersukses di dunia yang telah memenangkan banyak gelar juara, termasuk rekor 34 kali juara La Liga, rekor 13 kali juara Liga Champions, dan lainnya.


Kesuksesan Los Blancos di atas lapangan berdampak besar di luar arena. Secara finansial, El Real pun termasuk klub terkaya di dunia. Pada musim 2018-19, mereka berhasil meraup pendapatan sebesar 850 juta dolar AS (sekitar Rp12,6 triliun).


Selain itu, Madrid menjadi tim sepak bola dengan jumlah follower terbanyak di media sosial dan situs webnya paling banyak dikunjungi di dunia.


Legends akan memanfaatkan popularitas dan kesuksesan tersebut untuk memaksimalkan penjualan jersey, t-shirt dan merchandise lainnya. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, mereka pun akan meluncurkan platform e-commerce baru dengan dukungan delapan bahasa di dunia.


sumber: realmadrid.com


Megastore di Stadion Santiago Bernabeu akan menjadi bagian dari proyek renovasi stadion milik klub itu senilai 590 juta dolar AS. Program merchandise memiliki tiga tujuan utama bagi klub, yakni untuk menghasilkan pendapatan, berfungsi sebagai pemasaran akar rumput, dan memberikan tambahan data untuk klub tentang penggemar mereka.


Legends, yang awalnya didirikan sebagai perusahaan perhotelan pada 2008, tumbuh menjadi agensi dengan layanan lengkap yang mendukung tim olahraga, tempat, dan perusahaan hiburan. Layanan grup ini mencakup valuasi sponsor, penjualan hak penamaan, tiket, penggalangan dana, dan penjualan merchandise baik online maupun fisik.


Legends bekerja sama dengan Real Madrid sejak 2018, ketika perusahaan tersebut ditunjuk sebagai konsultan untuk memberikan pandangan dan panduan strategis dalam mengoptimalkan peluang komersial dalam pembangunan kembali Estadio Santiago Bernabéu. Klien terkemuka lain Legends di antaranya Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, AS Roma, NFL, UFC, Wimbledon dan timnas AS.

6 views0 comments