• Ahmad Wahid

Real Madrid jadi Brand Paling Bernilai di Sepak bola

Real Madrid dan Barcelona jadi brand paling bernilai di dunia sepak bola, menurut laporan Brand Finance Football 2020. Dalam penelitian tersebut, Los Blancos disebut bernilai 1,419 miliar Euro, sementara Barcelona berada di peringkat kedua dengan nilai 1,413 miliar Euro.


sumber: hypebeast


Dalam penelitiannya, firma konsultan bergengsi Brand Finance merinci bagaimana dua klub raksasa La Liga tersebut mengalami lompatan yang cukup besar, bahkan berhasil memberikan margin yang cukup tinggi dengan klub lainnya yang berada di posisi ketiga dari lima besar yang dilaporkan.


Manchester United yang berada di urutan ketiga bernilai 1,315 miliar Euro, disusul dengan Liverpool yang berada di urutan keempat dengan nilai 1,262 miliar Euro, dan Manchester City yang bernilai 1,124 miliar Euro.

sumber: Twitter @BrandFinance


Brand Finance kemudian menilai kekuatan merek dengan mengaitkan kekuatan brand dan skor Brand Strength Index dalam skala 100 poin. Perhitungan tersebut dilakukan berdasarkan metrik investasi pemasaran, kinerja bisnis dan ekuitas pemangku kepentingan.


Hasilnya tidak ada perubahan, Real Madrid masih memimpin dengan skor 94,9/100, diikuti dengan Barcelona yang mengumpulkan skor 93,6/100.


Tidak hanya Real Madrid dan Barcelona saja, klub La Liga lainnya pun mengalami lompatan nilai pasar yang cukup signifikan. Dari 50 peringkat teratas Brand Finance untuk nilai merek, ada delapan klub La Liga yang berhasil masuk dalam daftar tersebut.


Misal Atlético Madrid (posisi 13), Sevilla FC (posisi 32), Valencia CF (posisi 36), Athletic Club (posisi 40), Villarreal CF (posisi 44) dan Real Betis (posisi 50).


Upaya La Liga untuk terus meningkatkan dan menjaga citra klub yang dinaunginya terbilang cukup berhasil. Data tersebut menunjukkan jika peringkat rata-rata Brand Strength Index pada 2020, datang dari klub Spanyol dengan poin 79/100.

Capaian tersebut jauh lebih tinggi ketimbang klub-klub di liga negara lain, seperti Ligue 1 Prancis yang mengumpulkan poin 75,1/100, Premier League Inggris dengan poin 74,9/100, Lega Serie A Italia dengan poin 74,1/100, dan Bundesliga Jerman dengan poin 73,2/100.


Sumber: rilis La Liga

11 views0 comments

Jakarta, Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube

©2020 | LUARENA by Sandwich Tuna Production