• Ahmad Wahid

Serie A Italia Perpanjang Kerja Sama dengan TIM Hingga 2024

Updated: Jun 19


Serie A TIM (sumber: juvefc.com)


Liga Italia Lega Serie A telah memperpanjang kontrak kerja sama dengan raksasa telekomunikasi Telecom Italia (TIM).


Perpanjangan terbaru itu semakin menambah panjang masa kerja sama antara keduanya, akan membuat kolaborasi keduanya melewati 25 tahun dan mempertahankan nama TIM di liga papan atas Italia itu hingga 2024.


Di bawah perjanjian perpanjangan kontrak tiga tahun yang baru itu, TIM juga akan terus menjadi sponsor utama untuk kompetisi eSerie A dan platform streaming TIMvision perusahaan itu telah ditunjuk sebagai sponsor utama turnamen usia muda Primavera.


Meskipun rincian finansial dari kesepakatan tersebut belum diungkapkan, kontrak TIM sebelumnya untuk sponsorship gelar juara Serie A, yang akan berakhir pada akhir musim 2020-21, diperkirakan senilai 15 juta euro per musim.


Selain itu, TIM ingin memperkenalkan inovasi 5G baru untuk meningkatkan pengalaman bagi para penggemar Serie A, sementara keduanya juga menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengatasi pembajakan di bisnis olahraga.


TIM baru-baru ini menjanjikan sekitar 1 miliar euro untuk penawaran hak siaran domestik DAZN, menawarkan untuk membayar 40 persen dari biaya investasi yang diusulkan untuk layanan streaming olahraga dan cakupan Ultrabroadband yang tersedia di negara tersebut pada jaringan tetap, jaringan seluler, Akses Nirkabel Tetap (Fixed Wireless Access/FWA) dan WiFi satelit.


Sebagai imbalannya, kemitraan ini akan membawa konten platform itu ke TIMvision selama tiga tahun ke depan, dengan penawaran layanan DAZN khusus yang disediakan untuk pelanggan TIM, termasuk pertandingan Serie A.


Namun, regulator komunikasi negara itu AGCOM membuka penyelidikan atas kesepakatan distribusi itu pada April lalu, dengan tujuan 'memverifikasi kemungkinan adanya efek distorsi atau posisi yang dalam hal apa pun merugikan pluralisme'.


Penyiar saingan Sky Italia menyatakan keprihatinan bahwa perusahaan telekomunikasi itu dapat 'mendapat manfaat dari perlakuan istimewa dalam distribusi DAZN, meskipun TIM menjadi operator incumbent dengan kekuatan pasar yang lebih besar di Italia'.

11 views0 comments