• Ahmad Wahid

Terapkan teknologi AI, Suporter bisa dukung langsung LFC di Anfield



Photo Credit: Tribuna


Meski pandemi COVID-19 masih belum kunjung usai, keinginan para suporter Liverpool FC untuk mendukung langsung saat tim kesayangannya berlaga di Anfield bisa terwujud. Seiring niat Liverpool menerapkan penggunaan teknologi canggih yang memungkinkan setidaknya seperempat hingga setengah dari kapasitas stadion tersebut bisa terpenuhi.


Juara Premier League musim 2019-20 ini sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan teknologi asal Jerman, G2K, menurut laporan The Athletic. G2K tengah mengembangkan platform Situational Awareness Builder (SAB) yang menggunakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).


Platform tersebut mampu secara otomatis mendeteksi suhu tubuh penonton, mendeteksi orang-orang yang tidak mengenakan masker, dan secara digital mengatur kerumunan penonton dalam stadion agar tetap menaati aturan jaga jarak sosial (social distancing).


Penerapan teknologi AI itu terbukti berhasil saat diujicoba oleh Borussia Dortmund dan Hertha Berlin. Dortmund mengujinya saat menjamu Hoffenheim di pekan terakhir Bundesliga 2019-20, pada Sabtu (27 Juni 2020). Teknologi tersebut juga sedang diujicoba oleh Real Sociedad.


Photo Credit: Sportspro Media


Menurut pihak Dortmund, pemeriksaan suhu tubuh kepada awak media dan staf klub di Signal Iduna Park secara otomatis menggunakan platform tersebut terbukti akurat hingga 98,3 persen dan lebih cepat dibanding pengecekan suhu secara perorangan yang akan memakan waktu dan antrean yang tidak aman.


Hal tersebut membuat Dortmund berencana akan membolehkan suporter menonton langsung, tetapi hanya 30 persen dari kapasitas Signal Iduna Park.


Jika Liverpool dan G2K mencapai kata sepakat dan pihak liga mengizinkan, teknologi AI tersebut akan diterapkan pada musim 2020-2021 mendatang. Menurut perkiraan, proses instalasi SAB berupa kamera AI yang sensitif mendeteksi suhu dan CCTV yang melacak jarak antar penonton di Anfield memakan waktu selama dua pekan. Paket AI itu berbanderol 112.000 dollar AS (1 dolar AS = Rp14.813) per laga.


Sumber: The Athletic, Mirror

44 views0 comments

Jakarta, Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube

©2020 | LUARENA by Sandwich Tuna Production